INFO

UPT Jekan Raya Kenalkan Opa Gesit Sampah Menghargai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Masyarakat Kelurahan Palangka dan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya mendapat sosialisasi terkait optimalisasi pelayanan persampahan, di Balai Basara Kelurahan Bukit Tunggal, Kamis (5/10/2017).

Dalam sosialisasi ini masyarakat dikenalkan dengan sistem pelayanan Opa Gesit Sampah Menghargai yang merupakan akronim dari optimalisasi pelayanan operator motor roda tiga angkutan sampah rumah tangga melalui penghargaan dan sanksi.

Istilah gesit merupakan objek pelaku perubahan yaitu operator motor roda tiga angkutan sampah rumah tangga dengan inovasi penghargaan dan sanksi.

Gagasan ini berawal dari kurang optimalnya pelayanan operator motor roda tiga yang melayani pengambilan sampah rumah tangga, karena kurang memadainya sarana yang dimiliki.

Dalam sosialisasi ini warga juga diminta memberikan penilaian kepada operator. Dalam kartu penilaian yang telah disediakan ada empat kriteria kepuasan yang harus diconteng.

Kriteria pertama, apakah operator mengambil sampah tepat waktu. Kriteria ke-2, apakah pengambilan sampah sesuai jadwal. Kriteria ke-3, apakah pengambilan sampah rapi dan bersih dan krietria ke-4 apakah operator mensosialisasikan pengelolaan sampah rumah tangga.

Menurut Kepala UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Jekan Raya Wilayah I, Rendro Rismae Riady, ST MT jika dari semua 4 kriteria itu operator motor roda tiga mendapatkan nilai sangat baik, maka akan mendapatkan penghargaan berupa kupon service gratis.

Model penghargaan seperti ini khusus diberlakukan untuk Kecamatan Jekan Raya Wilayah 1. Jika proyek perubahan milik Rendro dalam rangka memenuhi tugas Diklatpim IV ini sukses, maka nantinya seluruh UPT pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya akan menerapkan model ini.

Rendro mengatakan untuk tahap awal model reward kepada operator terbaik ini sudah dimasukan dalam RKA Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya.

Semenatara itu khusus untuk UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Jekan Raya Wilayah I saat ini telah memiliki 22 operator pemungut sampah, tetapi dalam proyek perubahan ini hanya empat operator dimasukan dalam proses penilaian untuk mendapatkan reward. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*