INFO
USBNBK, Siswa SMAN 4 Palangka Raya Gunakan Gadget

USBNBK, Siswa SMAN 4 Palangka Raya Gunakan Gadget

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pelaksanaan USBNBK SMAN 4 Palangka Raya tahun ini berbeda. Jika tahun sebelumnya semua peserta ujian menggunakan komputer, namun tahun ini sebagian siswa sudah menggunakan gawai atau gadget.

“Karena masih terbatasnya jumlah komputer, sehingga kami berupaya melaksanakan USBNBK berbasis gawai. Tapi jauh-jauh hari kami sudah sampaikan ke siswa agar membawa gawai saat ujian,” kata Kepala SMAN 4 Palangka Raya, Yenihayati, Jumat (22/3/2019).

Di SMAN 4 Palangka Raya sarana komputer untuk peserta ujian tidak mencukupi. Sedangkan jumlah peserta cukup banyak, sehingga dicari opsi lain supaya semua siswa bisa mengikuti USBNBK. Opsi itu adalah menggunakan gawai atau smartphone android.

Koordinator Tim Teknisi USBNBK SMAN 4 Palangka Raya, Charles Yulianto menjelaskan aplikasi yang digunakan dalam USBNBK 2019 adalah AIO Moddle CBT sebagai sistem operasi server dan aplikasi safeexmbrowser sebagai aplikasi penampil soal di gawai siswa.

Semua aplikasi itu berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Meski para proktor SMAN 4 Palangka Raya tidak pernah diberikan pelatihan tentang aplikasi ini, namun karena kemauan agar pelaksanaan ujian ini sukses, sehingga mereka sering bertanya kepada HELPDESK provinsi dan bersama guru dari sekolah lain.

Charles menambahkan dalam pelaksanaan USBNBK ini pihak sekolah harus menyiapkan server dan akses poin disetiap ruang. Peserta ujian menggunakan gawainya dengan sistem operasi android dan ada beberapa menggunakan Hp apple OS IOS. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*