INFO

Usulkan Bantuan Alat Lab Covid-19 ke Kementerian Kesehatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sampai saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya, khususnya dinas kesehatan atau RSUD tipe D Palangka Raya belum memiliki alat yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap sampel corona virus disease (Covod-19).

Dengan demikian sampel yang diambil dari seseorang harus dikirim ke luar daerah atau ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Masalahnya, hasil laboratorium dari sampel cukup lama, karena harus antre dengan daerah lain.

Dengan kondisi ini maka Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo telah mengusulkan bantuan alat polymerase chain reaction (PCR) untuk swab dan rapid test diagnosa (RDT) ke Kementerian Kesehatan.

“Kami juga sudah mengajukan secara lisan kepada pimpinan agar kita beli sendiri. Secepatnya permohonan secara terulis kita ajukan ke walikota,” sebutnya, Rabu (27/5/2020).

Andjar mengatakan jika nanti Kota Palangka Raya telah memiliki alat PCR, maka proses swab bisa dilakukan dengan cepat dan tidak perlu menunggu berhari-hari.

“Saat ini SDM kita sudah bisa melakukan pemeriksaan. Hanya saja kita belum punya alatnya,” sebutnya. Diakui alat tersebut memang mahal. Harganya antara 3-4 miliar. (MC. Isen Mulang/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*