TERKINI

Vaksinasi Solusi Ditengah Pandemi

Vaksinasi Solusi Ditengah PandemiMEDIA CENTER, Palangka Raya – Pandemi Covid-19 memberikan tantangan besar kepada pemerintah, agar bekerja semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat baik di sektor kesehatan dan ekonomi.

“Virus ini tidak hanya berdampak pada kesehatan melainkan mempengaruhi perekonomian masyarakat hingga berdampak pada sektor sosial, pariwisata dan pendidikan”, ungkap Walikota Palangka Raya Fairid Naparin pada acara kick off Vaksinasi Covid-19 Kamis (14/1/2020).

“Jadi, upaya penanggulangannya tidak hanya dilaksanakan dari sisi penerapan protokol kesehatan saja, namun juga intervensi dengan vaksinasi sebagai bagian dari pencegahan dan pengendalian Covid-19,” katanya.

Menurut Fairid, tidak hanya penerapan protokol kesehatan akan tetapi diperlukan intervensi lain yang lebih efektif dalam memutus mata rantai penularan virus tersebut dengan melalui vaksinasi.

“Upaya ini telah dilakukan oleh berbagai negara, termasuk indonesia untuk mengembangkan vaksin yang ideal guna pencegahan infeksi SARS-CoV-2 dengan berbagai platform vaksin inaktivasi,” bebernya.

Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya vaksinasi, pihaknya berharap dapat mengurangi transisi atau penularan Covid-19 terutama di Kota Palangka Raya sehingga dapat menurunkan angka konfirmasi dan angka kematian akibat covid-19.

Selanjutnya, vaksinasi dapat meningkatkan kekebalan kelompok di masyarakat dan tentunya melindungi diri ditengah pandemi agar tetap produktif secara sosial maupun ekonomi.

“Kekebalan ini hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah. Jadi melalui pemberian program vaksinasi ini jika dilihat dari sisi ekonomi, akan lebih hemat biaya dibandingkan upaya pengobatan,” tutup Fairid. (MC. Isen Mulang/Nitra/slmt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*