INFO

Visi dan Misi Wali Kota Harus Dijabarkan Dalam RPJMD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tanpa adanya perencanaan yang baik, maka tidak ada jaminan tujuan pembangunan Kota Palangka Raya yang dicita-citakan dapat tercapai dalam kurun waktu yang diinginkan. Maka itu Perencanaan pembangunan harus dirumuskan secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, bertahap, terpadu dan berkelanjutan.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Walikota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah saat membacakan pidato pengantar Wali Kota Palangka Raya tentang rancangan peraturan daerah (raperda) rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Palangka Raya tahun 2018-2023 pada Paripurna ke-2 masa sidang I tahun sidang 2019 DPRD Kota Palangka Raya, Selasa (29/1/2019).

Disampaikan Umi, untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan di Kota Palangka Raya saat ini, maka visi dan misi kepala daerah dan wakil kepala daerah seyogyanya harus dituangkan pada skala prioritas.
Pun demikian visi dan misi tersebut, masih sangat makro dan belum operasional, sehingga harus diturunkan atau dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, sampai dengan program prioritas pembangunan terutama dituangkan dalam RPJMD.

“Bilamana visi dan misi itu tidak dijabarkan secara teknokratis dan partisipatif ke dalam tujuan dan sasaran RPJMD, maka program pemerintah daerah akan mengalami kesulitan dalam operasionalisasi ke dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan,” ucapnya.

Harus disadari lanjut Umi, untuk mewujudkan visi dan misi  Kota Palangka Raya menjadi Kota yang maju, rukun dan sejahtera untuk semua, maka tentu bukan pekerjaan mudah, tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Perlu sinergi, kolaborasi, diskusi, serta proses panjang lainnya yang harus dilalui.

“Terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan, mencurahkan ide, gagasan, saran dan masukan yang konstruktif dalam rangka merencanakan pembangunan di Kota Palangka Raya lima tahun ke depan, sesuai dengan visi dan misi kami,” tutur Umi.

Adapun jalanya paripurna itu sendiri dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraini, serta dihadiri para anggota DPRD kota dan jajaran OPD maupun Forkopimda lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*