INFO
Volume Sampah Plastik Lebih Mendominasi

Volume Sampah Plastik Lebih Mendominasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya Acmad Zaini menyebut sampah plastik selama ini selalu mendominasi dari limbah sampah yang di hasilkan masyarakat dalam setiap harinya.

Dikatakan, DLH kota sudah melakukan pengecekan volume sampah, mulai dari tempat pembuangan sampah (TPS), hingga ke depo-depo sampah.

“Hasilnya sampah plastik lebih mendominasi di banding limbah sampah lainnya,”ungkap Zaini, Jumat (24/1/2020).

Pengecekan volume sampah yang dilakukan selama.ini lanjut Zaini, adalah bertujuan untuk mengetahui jumlah atau volume sampah yang di hasilkan masyarakat setiap hari. Lalu, seberapa besar daya tampung sampah dengan mengacu pada depo atau TPS

“Kalau berkaitan dengan daya tampung sampah, maka jelas keberadaan depo lebih efektif mampu menampung sampah-sampah masyarakat sekitar di banding TPS yang terbatas daya tampungnya,”ujar dia.

Kembali lagi ke soal volume sampah sambung Zaini, maka sampah yang dibuang di depo dan TPS selama ini, lebih di dominasi oleh sampah botol plastik dan kantong kresek sekali pakai.

“Sampah kresek sekali pakai inilah yang paling banyak ditemukan, di semua depo dan tps yang berada di Kota Cantik,”sebutnya lagi.

Dengan tingginya volume sampah plastik ini imbuh dia, maka diharapkan masyarakat dapat membatasi penggunaan barang-barang sekali pakai atau yang menimbulkan sampah plastik seperti kantong plastik, botol dan gelas plastik.

“Ya, masyarakat bisa mengutamakan barang yang bersifat wadah khusus dalam beraktivitas sehari hari untuk menggantikan kantong plastik sekali pakai yang selama ini menjadi penyumbang terbesar volume sampah,”bebernya.

Ditambahkan, hasil dari pengecekan volume sampah yang telah dilakukan telah dilaporkan ke Walikota Palangka Raya.

“Pak walikota telah mengeluarkan surat edaran yang bertujuan untuk menindaklanjuti perwali nomor 20 tahun tentang kebijakan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*