INFO

Wacana Pemindahan Ibukota RI dan Pendirian Fakultas Kedokteran Jadi Rekomendasi Hasil Rakernas dan Semiloka Internasional BKS-PTIS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional dan Semiloka Internasional Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta Indonesia (BKS-PTIS) yang diselengarakan di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya berakhir, Kamis (27/4/2016).

Dari hasil Rakernas yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menristek Dikti, Ketua Umum BKS-PTIS Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar Ma, dan para rektor seluruh nusantara ini setidaknya menghasilkan dua rekomendasi yang menguntungkan Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya.

Apa itu? pertama, BKS-PTIS merekomendasikan mewacanakan kembali rencana pemindahan Ibukota Pemerintahan Republik Indonesia ke Kota Palangka Raya.

Kedua, khusus Universitas Muhammadiyah Palangka Raya mengusulkan pendirian fakultas kedokteran. “Dua rekomendasi ini selanjutnya akan kita sampaikan ke pemerintah pusat,” ucap Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, DR Bulkani, Jumat (28/4/2017).

Bulkani menjelaskan alasan Muhammadiyah mengusulkan pendirian fakultas kedokteran karena ingin mempercepat penyediaan tenaga dokter di Kalimantan Tengah agar cepat merata.

Sebab jika mengandalkan perguruan tinggi milik pemerintah, maka penyediaan tenaga dokter agak lambat, sedangkan hingga saat ini penyediaan tenaga dokter di Kalteng masih kekurangan.

Secara teknis, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya memastikan sumber daya baik itu prasanara, termasuk tenaga dosen untuk fakultas kedokteran dari internal Muhammadiyah sudah cukup, tapi tetap juga bermitra dengan universitas lainnya.

Jika pemerintah pusat mengabulkan, maka Bulkani memastikan dalam tiga tahun kemudian bisa mendirikan fakultas kedokteran. “Persoalannya saat ini masih moratorium,” tuturnya.

Keinginan kampus Muhammadiyah yang akan mendirikan fakultas kedokteran ini juga sudah disampaikan secara lisan kepada Wapres Jusuf Kalla dan Menristek Dikti saat pembukaan Rakornas dan Semiloka BKS-PTIS dan usulan tersebut disamput positif.

Sementara itu mengenai wacana pemindahan Ibukota Pemerintahan RI ke Kalteng juga didukung oleh Ketua Umum BKS PTIS Prof Dr Hj Masrrah Mokhtar MA. Ia menyebut Palangka Raya sangat cocok dijadikan Ibukota Pemerintahan RI.

Alasannya selain ada faktor sejarah pendirian Kota Palangka Raya oleh Presiden RI Soekarno juga didasari atas luasnya lahan yang dimiliki dan potensi gangguan bencana alam yang minim.

Oleh karena itu BKS-PTIS juga mendorong agar pemerintah serius melakukan pengkajian rencana tersebut. Sebab kalau tidak segera dilakukan lantas kapan dimulai agar tidak menjadi sebatas wacana belaka. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*