TERKINI
Wali Kota Hadiri Rakor Penanganan Banjir di Wilayah Provinsi Kalteng

Wali Kota Hadiri Rakor Penanganan Banjir di Wilayah Provinsi Kalteng

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Banjir di wilayah Provinsi Kalteng yang di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (20/11/2021).

Adapun Rakor tersebut dipimpin Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Mayjen TNI Suharyanto.

Hadir kegiatan Rakor tersebut diantaranya Gubernur Kalteng, Wakil Gubernur Kalteng, Wali Kota Palangka Raya, Forkopimda Prov. Kalteng, Pj. Sekda Prov. Kalteng, Bupati Katingan dan Bupati Pulang Pisau.

Kepala BNPB menyampaikan kunjungan kerjanya di Kalteng dalam rangka Koordinasi Penanganan Bencana Banjir di Wilayah Kalteng dan Peninjauan lokasi banjir di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam rapat tersebut, Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan bahwa
akar permasalahan banjir di Kalteng adalah menurunnya daya dukung dan daya tampung lingkungan.

“Untuk mengatasi banjir perlu waktu untuk memperbaiki lingkungan dengan melibatkan segenap komponen, Pemerintah, masyarakat, dunia usaha, media dan akademisi”, Ucap Suharyanto.

Sementara itu, Gubernur dalam arahannya menyampaikan terkait dukungan penanganan banjir di wilayah Kalteng baik jangka pendek dalam masa penanganan darurat saat ini maupun jangka Panjang untuk pengendalian banjir ke depannya.

“Kami berharap dukungan dari Kepala BNPB agar berkenan membantu Kabupaten/Kota yang terdampak banjir saat ini dengan penguatan sarana prasarananya berupa perahu untuk evakuasi dan distribusi bantuan, tenda-tenda pengungsi, selimut dan makanan siap saji”, kata Sugianto.

Selain itu, untuk penanganan jangka panjang, diharapkan juga Kepala BNPB berkenan mengkoordinasikan upaya pengendalian banjir di wilayah Kalteng, diantaranya yaitu membuat sudetan pada jalur Sungai Kahayan yang merupakan pertemuan dengan Sungai Rungan sehingga bisa mengurangi debit air yang masuk ke wilayah pemukiman Kota Palangka Raya. MC. Isen Mulang/Prokompky/Nitra/wspd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*