TERKINI
Wali Kota Palangka Raya turut Belajar SAKIP Demi Tata Kelola Pemerintahan Yang Lebih Baik

Wali Kota Palangka Raya turut Belajar SAKIP Demi Tata Kelola Pemerintahan Yang Lebih Baik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin didampingi Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu turut mengikuti kegiatan lanjutan hari ke-2 Pendampingan Review Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi , Minggu (30/8/2020) di ruang Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya.

Kegiatan pendampingan review SAKIP dilaksanakan selama 2 hari tanggal 29 – 30 Agustus 2020, Narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Ananda Juarsa.

“Kegiatan pendampingan penyusunan SAKIP untuk semua Kepala OPD di Lingkup Pemko Palangka Raya ini mempunyai maksud bukan sekedar menyusun laporan tetapi jauh lebih luas, yaitu melakukan perubahan terkait pola pikir bagaimana menterjemahkan dokumen perencanaan yang mengarah ke kinerja, dan apa yang kita lakukan dapat mencapai hasil akhir kinerja kita, tutur Fairid.

SAKIP ini adalah integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

Lanjutnya, selama ini SAKIP dimaknai hanya penyusunan laporan serapan anggaran tapi belum performance yang sesungguhnya , yang ingin di capai seluruh OPD dan hasil akhir Pemerintah Kota Palangka Raya. Kita diberikan pemahaman bahwa ternyata laporan SAKIP kita masih banyak kelemahan.

Harapannya dengan melakukan perbaikan dan merubah mindset membenahi pola kerja kita dari target tataran output, kita dorong target tataran outcome atau mungkin bisa mencapai benefit dan impact.

Hal senada juga disampaikan Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu “hari ini kita melaksanakan tahap awal upaya memyempurnakan dokumen perencanaan kita dalam pengelolaan SAKIP.

Kita melakukan pembenahan, dokumen IKU maupun dokumen yang disusun setiap OPD di Lingkup Pemko Palangka Raya dari Renstra, Renja sampai pada DPA.

Lanjut Hera, Bapak Wali Kota Palangka Raya juga turut hadir bersama kita , belajar bersama demi Tata Kelola Pemerintahan yang lebih baik, dan semoga ini dapat memotivasi seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya, tutupnya.

Kegiatan diikuti oleh Asisten Sekda Kota Palangka Raya, Staf ahli Wali Kota, Kepala SOPD, beserta Pejabat Eselon 3 dan 4 dilingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/wulansa/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*