TERKINI

Walikota : Bersama Cegah dan Tanggulangi Kebakaran di Kota Palangka Raya

Walikota : Bersama Cegah dan Tanggulangi Kebakaran di Kota Palangka RayaMEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Fairid Naparin mengikuti Webinar Gerakan Terpadu Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran di wilayah kota Palangka Raya tahun 2021 bertempat di Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya, Rabu (16/6/2021)

Dalam kegiatan tersebut turut hadir kepala prangkat daerah, pimpinan dunia usaha di wilayah kota Palangka Raya, Sekretaris Dinas, para pejabat Eselon III dan Eselon IV, para Camat dan Lurah se-kota Palangka Raya

Pada kegiatan tersebut Walikota menyampaikan bahwa kebakaran merupakan suatu hal yang pada dasarnya tidak diinginkan oleh siapapun. Setiap kebakaran selalu mengakibatkan kerugian baik harta maupun jiwa serta terganggunya kegiatan ekonomi, lingkungan dan ketenangan masyarakat.

Dijelaskan juga bahwa kebakaran hutan dan lahan gambut yang dapat menimbulkan pencemaran asap, berdampak terhadap kesehatan dan transportasi, serta terganggunya aktivitas ekonomi masyarakat. Di sinilah perlunya menyadari betapa pentingnya peran strategis relawan dan petugas pemadam kebakaran dalam proses pembangunan daerah, melalui penciptaan rasa aman dan perlindungan terhadap masyarakat.

“Untuk itu perlu dilakukan upaya optimalisasi, pelaksanaan pendayagunaan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Palangka Raya, bersama Camat dan Lurah se-kota Palangka Raya. Serta diperlukan adanya keterlibatan seluruh warga masyarakat, kantor lembaga pemerintahan, perbankan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta para pelaku usaha di wilayah kota Palangka Raya”, ungkap Farid.

Fairid mengharapkan para relawan dan petugas pemadam kebakaran harus dibekali dengan keterampilan dan keahlian, baik yang diperoleh dari berbagai pelatihan maupun praktek langsung saat melaksanakan tugas. “Oleh karena itu perlu diingat bahwa Tidak ada pemadam kebakaran yang hebat, yang ada adalah pemadam kebakaran yang terlatih,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang/bamw/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*