INFO

Walikota dan Kapolres Teken MoU Bina Pemuda Siapkan Jadi Anggota Polri

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Riban Satia menandatangani naskah memorandum of understanding (MoU) bersama Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli, Jumat (6/10/2017).

MoU itu sebagai langkah membina para muda mudi Kota Palangka Raya untuk disiapkan menjadi calon siswa Taruna, Brigadir dan Tamtama Polri. Dalam MoU ini juga disaksikan Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio.

“Selama ini ada keluhan dari warga kita bahwa sedikit sekali yang bisa memenuhi syarat. Mereka yang mendaftar sebelum sampai ke tahap pantuhirnya sudah banyak berguguran mulai dari fisik dan lainnya. Oleh sebab itu ada kebijakan dari kepolisian bahwa akan ada pembinaan. Minimal mempersiapkan mereka untuk jadi polisi,” kata Riban.

Dia menuturkan selain dalam bentuk pembinaan fisik nantinya juga diadakan sosialisasi salah satunya berisi menjaga kesehatan.

“Kalau mau masuk polisi tentu menjaga olahraga juga kebersihan. Contoh menjaga gigi. Orang kesehatan langsung nanti yang akan memberikan penyuluhan,” ungkapnya.

Selama ini kata Riban putra daerah khusus di Kota Cantik yang bisa menjadi anggota polisi belum optimal. Oleh sebab itu dengan diadakan pembinaan nantinya harapan dapat terwujud.

“Target yang dibina, sudah lulus, masih sekolah maupun masuk kelas 2 dan 3,” tuturnya.

Sementara itu kapolres mengatakan dalam sistem penerimaan calon siswa, polisi menganut prinsip betah. Yakni bersih, transfaran, akuntable dan humanis. Untuk mewujudkan hal itu, Polri pun akan selektif dalam menyeleksi.

“Supaya mampu bersaing makanya perlu dilakukan pembinaan,” katanya. Menurut kapolres dengan adanya MoU itu, paling tidak fasilitas yang dimiliki pemerintah bisa diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pembinaan.

“Contoh tes kesehatan. Masyarakat yang memiliki BPJS mudah-mudahan bisa digunakan untuk cek-up kesehatan. Kedua kolam renang. Mudah-mudahan juga diberikan keringanan pada saat melaksanakan pembinaan tersebut,” jelasnya.

Dia menambahkan lokasi pembinaan nantinya bisa saja digelar di Polres Palangka Raya. Digelarnya MoU ini jelas menjadi kesempatan emas untuk para pemuda. Apalagi dalam pembinaan tidak dipungut biaya.

“Sekarang sudah ada yang mendaftar. Jumlahnya 125 orang. Mengenai syarat tentu sehat jasmani, rohani, tinggi badan dan lain-lainnya,” sebutnya. (MC. Isen Mulang)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*