INFO
Walikota Fairid Ingin Miliki Pejabat yang Inovatif

Walikota Fairid Ingin Miliki Pejabat yang Inovatif

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) setempat,  saat ini tengah melaksanakan proses lelang jabatan dan job fit bagi para aparaturnya. Sejumlah tahapan tes pun  telah dilalui para pejabat atau peserta.

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin mengungkapkan, lelang jabatan dan job fit adalah bentuk dari keterbukaan dalam menjaring para pejabat yang akan menduduki posisi pada sejumlah instansi.

Lelang jabatan dan job fit kata dia, merupakan instrument dalam mengukur maupun mengevaluasi kompetensi masing-masing pejabat dengan jabatan yang akan didudukinya.

“Intinya ini bukanlah rotasi atau pun penyegaran. Jadi kita ingin mendapatkan pejabat yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan integritas maupun potensinya, sehingga nantinya dapat bekerja maksimal,” tutur Fairid, Rabu (4/9/2019).

Walikota termuda di Indonesia inipun berharap proses lelang jabatan dan job fit tersebut dapat melahirkan pejabat yang berintegritas serta profesional.

“Disamping hasil objektif, disisi lain saya menginginkan pejabat yang didapat memiliki kemampuan berinovasi,” harap Fairid.

Kenapa demikian kata dia, dengan memiliki kemampuan berinovasi, berarti menunjukkan seorang pejabat telah memiliki kecakapan terutama kemampuan untuk meningkatkan dan menjalankan program kerja. Semisalkan saja, seorang pejabat itu mampu menggali potensi pembiayaan untuk program pembangunan dari berbagai bentuk kerjasama yang dibangun.

“Jadi yang dilihat adalah bagaimana kemampuan seorang aparatur yang mampu berinovasi. Baik secara fisik maupun non fisik,” sebut Fairid.

Selebihnya walikota mengungkapkan, lelang jabatan dan job fit ini bukanlah pada persoalan rotasi, penyegaran ataupun lulus atau tidak lulus. Namun lebih kepada objektivitas dari pada potensi dan kemampuan serta kesesuaian seorang aparatur sehingga dikatakan layak menempati suatu posisi yang dipercayakan. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*