INFO
Walikota Fairid Komitmen Jaga Harkat Martabat Asli Bumi Tambun Bungai

Walikota Fairid Komitmen Jaga Harkat Martabat Asli Bumi Tambun Bungai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin memastikan komitmennya dalam menjaga harkat dan martabat kebudayaan asli Kalimantan Tengah. 

“Budaya Dayak terus dilestarikan, termasuk meminta seluruh masyarakat memiliki tanggungjawab agar terus menjaga kebudayaan dalam bingkai “Huma Betang,” ungkap Walikota Fairid saat bersilaturahmi sekaligus tatap muka dengan para pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Palangka Raya, di Betang Hadurut, Rabu (08/11/2018).

Kata Fairid, dirinya memiliki komitmen untuk mengangkat kebudayaan Kalteng, dalam hal ini suku Dayak. Hal tersebut tidak lain sebagai wujud nyata atas kecintaan menjunjung tinggi budaya asli Bumi Tambun Bungai, termasuk filosopi “Huma Betang” dan semangat Isen Mulang.

“Saya berkeinginan agar seluruh pihak bisa menjaga komitmen dalam melestarikan budaya dan adat istiadat asli Kalteng, khususnya di seluruh Kota Palangka Raya,”cetusnya menegaskan.

Selain itu lanjut Fairid, ia pun ingin kedepan pemerintah kota memberikan perhatian khusus bagi keberadaan budaya, sehingga masyarakat lain lebih mengetahui tentang kebudayaan Dayak. Salah satunya dalam kegiatan- kegiatan resmi di lingkup pemerintah kota, seperti ketika dilakukan kunjungan kerja maupun kegiatan lainnya.

Dengan komitmen itu kata dia, diharapkan pariwisata  di “Kota cantik” bisa lebih meningkat terlebih, jika seluruh pihak saling mendukung baik dari tokoh adat, pengurus DAD kota maupun provinsi hingga masyarakat Palangka Raya.

“Saya yakin seluruhnya berkomitmen untuk hal tersebut. Pariwisata terlihat, budaya dikenal dan kelestarian kebudayaan bisa terjaga sampai kapan pun. Hal itu juga menjadi komitmen pemerintah kota untuk menjaga hal tersebut.” pungkas Fairid. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*