TERKINI
Walikota : Meski Kasus Covid-19 Menurun, Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Walikota : Meski Kasus Covid-19 Menurun, Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Akhir-akhir ini kasus Covid-19 di Kota Palangka Raya semakin menurun, dimana selama 21 hari atau 3 minggu terakhir ada penurunan kasus yang cukup signifikan.

Hal itu dibuktikan berdasarkan rilis data dari Tim Satgas Covid-19 kota setempat, terhitung sejak tanggal 10 September hingga 30 September, untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 hanya ada penambahan 274 kasus, sedangkan untuk kesembuhan ada 1.219 kasus.

Demikian pula pasien dalam perawatan, dalam periode waktu tersebut menurun jauh. Di tanggal 10 September setidaknya ada 496 orang yang dalam perawatan, namun di penghujung bulan September hanya ada 150 orang.

Melihat kasus yang semakin menurun dan rendahnya tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya akhirnya memutuskan untuk menghentikan kegiatan operasional di Rumah Sakit Perluasan (RSP) Covid-19 di Hotel Batu Suli. Dimana fasilitas tersebut pada awalnya didirikan untuk menyikapi peningkatan kasus Covid-19 yang sangat signifikan beberapa waktu yang lalu.

“Benar jika RSP Batu Suli kita tutup saat ini. Karena ada penurunan kasus dan pasien dalam perawatan. Kita harus perhatikan dampak lainnya. Agar tak terjadi kesimpangsiuran ataupun persepsi negatif kenapa RSP masih buka padahal pasien tidak ada, jadi kita tutup saja,” kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Jumat (01/09/2021).

Meskipun begitu, Fairid tidak ingin penurunan kasus ini menjadi bumerang bagi masyarakat Kota Palangka Raya. Dirinya tak ingin seluruh pihak bereuforia berlebihan atas menurunnya kasus Covid-19 seperti sekarang. Ia tetap menegaskan, jika disiplin protokol kesehatan (Prokes) adalah esensi utama agar kasus Covid-19 bisa semakin ditekan serendah mungkin.

“Saya tegaskan kepada masyarakat untuk tidak mengendorkan sedikitpun prokes. Walaupun kasus menurun, target vaksin Covid-19 dosis 1 sudah melampaui target 70 persen, saya pastikan tetap pengetatan Prokes melalui PPKM tetap berjalan dan ada penyesuaian,” tegasnya.

Dikatakannya juga bahwa penurunan Kasus Covid-19 di Kota Cantik Palangka Raya ini tak lepas dari perhatian dan kesadaran masyarakat dalam mematuhi dan menjalankan Prokes yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Saya ucapkan banyak terima kasih untuk masyarakat kota Palangka Raya dimana sudah mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19”, ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo menyebutkan berdasarkan hasil analisis tim Dinkes kota terhadap kasus yang semakin menurun dan melandai, maka untuk efisiensi dan efektivitas perawatan seluruh pasien Covid-19 dilakukan rawat gabung dari RSP Hotel Batu Suli ke RSUD Kota Palangka Raya, per 1 Oktober 2021. MC. Isen Mulang/Nitra/ndk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*