INFO

Walikota Palangka Raya Buka Kejuaraan Catur Senior dan Junior

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Riban Satia membuka kejuaraan catur senior dan junior putra-putri seluruh Kota Palangka Raya di aula KONI Kalteng, Sabtu (15/4/2017) pukul 10.30 WIB. 

Dalam sambutannya Riban mengapresiasi atas terselenggaranya kejuaraan catur yang akan berakhir pada Selasa (18/4/2017). Kegiatan ini sangat positif dan sangat bermanfaat, tidak hanya bagi para atlet tapi juga masyarakat.

Menurut Riban permainan catur atau olahraga sebenarnya bukan hanya sebuah permainan biasa untuk menyalurkan hobi. Namun di dalam catur terdapat filosofi kehidupan sehari-hari.

“Salah satunya catur terdapat pion, yang memiliki makna jangan menganggap remeh orang lain,” ungkapnya.

Dia menuturkan catur sebenarnya juga tidak berbeda dengan turnamen cabang olahraga lain karena memiliki kombinasi antara kekuatan pikiran dan fisik yang termanifestasi dalam strategi-strategi. Untuk itu tidak salah bahwa olahraga catur cukup menguras pikiran, bahkan keringat.

“Pemerintah kota akan mendorong dan memantau perkembangan serta kemajuan olahraga ini sebagai realisasi dari visi misi pemerintah yaitu menjadikan warganya sehat, maju dan sejahtera,” tuturnya.

Ketua Percasi Kota Palangka Raya, Rinawati Limonu mengatakan turnamen ini digelar untuk menjaring atlet sebagai langkah persiapan menghadapi kejuaraan yang akan berlangsung pada Mei 2017 di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Panitia penyelenggara, Syamsudin mengatakan kejuaraan catur tingkat senior dan junior ini diikuti 96 peserta, terdiri dari senior putra/putri terbuka, junior putra/putri BC, junior putra putri DE dan junior putra/putri FG.

“Jenis permainan yang dipertandingkan catur cepat (perorangan), sistem pertandingan dan kontrol waktu swiss 7 babak dan waktu pikir 40 atau disesuaikan,” jelasnya.

Seusai pembukaan, Riban Satia menyaksikan pertandingan pembuka antara Gerar murid kelas V SD Katolik Don Bosco melawan Jonathan, murid kelas V SDN Percobaan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*