INFO
Walikota Palangka Raya Hadiri Rakornas PBJ Tahun 2019

Walikota Palangka Raya Hadiri Rakornas PBJ Tahun 2019

MEDIA CENTER, Jakarta  –  Walikota Palangka Raya Fairid Naparin menghadiri Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tahun 2019 yang dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Balai Sidang Jakarta Convention Centre, Rabu (6/11/2019).
 
Rakornas pengadaan barang/jasa Pemerintah merupakan forum terbesar bagi pemangku kepentingan dan praktisi pengadaan serta asosiasi untuk mendiskusikan isu-isu pengadaan, baik kebijakan dan inovasi, pengembangan dan penerapan teknologi informasi, hingga pemikiran-pemikiran paradigma baru dalam mereformasi pengadaan Indonesia.
 
Rakornas yang mengambil tema Transformasi Pengadaan di Era digital untuk SDM unggul Indonesia Maju ini dilaksankan dari tanggal 6 – 7 November 2019 dan diikuti oleh 4000 peserta yang terdiri atas Pengelola Pengadaan Barang/Jasa (PPBJ) dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Se-Indonesia.
 
Dalam sambutannya Presiden Jokowi menekankan agar Pemerintah Pusat dan Daerah dapat melaksanakan proses pengadaan lelang barang dan jasa  sejak awal tahun.
“Permasalahan terjadi karena pola pikir dari birokrasi di Indonesia yang kerap mengerjakan proses pengadaan barang dan jasa di akhir masa tengat. Meskipun sistemnya sudah secara elektronik, namun prosesnya masih sering dilakukan secara manual. Mindset inilah yang harus diubah. Jadi harus dipastikan proses timing pengadaan barang dan jasa berjalan seawal mungkin agar mendapatkan hasil maksimal dan sesuai standar” tegasnya.
 
Tak lupa Presiden Jokowi juga meminta agar memprioritaskan produk-produk dalam negeri untuk masuk dalam e-katalog agar perekonomian kecil juga berjalan. 
 
“Jangan sampai ada aturan yang mempersulit produk dalam negeri masuk dalam e-katalog, sehingga produk-produk tersebut nantinya bisa jadi tuan rumah  di negeri kita sendiri. Saya juga meminta kepada LKPP agar dapat bekerjasama dengan BSN (Badan Standarisasi Nasional) agar UMKM mudah mendapatkan lisensi SNI” tambahnya.
 
Kegiatan ini juga dihadiri oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Menteri PPN/Bappenas Soeharso Manoarfa, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MC Isen Mulang/Dina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*