INFO
Walikota Palangka Raya Ingatkan, Pancasila Jati Diri Bangsa Indonesia

Walikota Palangka Raya Ingatkan, Pancasila Jati Diri Bangsa Indonesia

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, Pancasila adalah jati diri bangsa Indonesia, sebagai falsafah, ideologi dan alat pemersatu bangsa Indonesia. Selain itu, sebagai pandangan hidup, dasar negara yang memiliki perjalanan sejarah perjuangan Indonesia dalam keberagaman suku, agama, bahasa daerah, pulau, adat istiadat dan budaya.

Ungkapan bijak tersebut disampaikan Fairid saat menjadi inspektur upacara gabungan TNI/Polri serta ASN sekaligus dirangkai upacara peringatan hari kesaktian Pancasila, Rabu (17/10/2018). di halaman kantor Walikota Palangka Raya.

Fairid menekankan melalui peringatan hari kesaktian Pancasila setidaknya mampu  memberikan kesadaran bersama dalam meresapi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri.

“Melalui tema kesaktian Pancasila, yakni Pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa, maka saya ingin mengajak kita semua membangun kesadaran meresapi nilai-nilai luhur Pancasila yang sudah dirumuskan para Founding Father, yakni Pancasila sebagai perekat identitas bangsa,” tegasrnya.

Kata Fairid, Pancasila tidak sekedar slogan tetapi harus dipraktekkan. Pancasila akan sakti apabila dijadikan keperibadian bangsa. Karenanya, wajib nilai-nilai luhur Pancasila dimiliki setiap warga Indonesia, khususnyam bagi masyarakat Kota Palangka Raya.

“Saya ingatkan Pancasila tidak hanya dipelajari dan dimengerti saja, tetapi pelaksananya secara nyata di masyarakat maupun dalam berbangsa dan bernegara,” jelasnya lagi.

Bicara hal lain, Fairid menyampaikan agar seluruh jajarannya terus meningkatkan semangat kerja disertai dengan penuh tanggungjawab sebagai abdi negara dan pelayanan masyarakat. 

Ia juga meminta agar seluruh lapisan masyarakat kota Palangka Raya, bisa bersama menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan serta kebersihan, agar  Kota Palangka Raya semakin indah dan cantik.

Turut hadir dalam upacara gabungan tersebut Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul RK Siregar, Dandim 1016 Palangka Raya Letkol CZi Chandra Adibrata dan para kepala OPD dan Forkopimda terkait lainnya. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*