TERKINI

Walikota Palangka Raya Sampaikan Nota Keuangan Perubahan APBD 2017

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia menyampaikan nota keuangan dan perubahan APBD 2017 di ruang sidang paripurna DPRD, Selasa (8/8/2017) pukul 10.00 WIB.

Di hadapan peserta rapat paripurna, walikota mengatakan Raperda APBD perubahan 2017 disusun dengan memperhatikan pokok-pokok kebijakan yang sudah disepakati antara DPRD dan eksekutif.

Kesepakatan itu menurutnya sudah tertuang dalam kebijakan umum perubahan APBD (KUPA) dan plafon perubahan anggaran APBD (PPA) yang ditandatangani pada 27 Juli 2017.

Dalam rapat paripurna ini walikota juga memaparkan realisasi serapan APBD murni per 30 Juli 2017. Dimana anggaran pendapatan Rp1,089 triliun dan anggaran belanja Rp1,139 triliun, sehingga defisit Rp50,1 miliar.

Defisit ini menurut walikota dapat ditutupi dari anggaran pembiayaan netto Rp50,1 miliar. Sementara itu realisasi penerimaan per 30 Juni 2017 Rp564 miliar atau 51,78 persen dari target Rp1.089 triliun.

Walikota menjelaskan APBD sebagai rencana keuangan tahunan pemerintah daerah telah diupayakan penyusunannya secara cermat dan menyeluruh yang disesuaikan perkiraan kemampuan dana yang dihimpun untuk membiayai program dan kegiatan yang telah ditetapkan.

Menurutnya dalam penyusunan program telah mengacu norma dan prinsip yang berlaku seperti partisipasi masyarakat, transparan, akuntabilitas anggaran, disiplin anggaran, keadilan anggaran, efisiensi serta efektivitas anggaran.

Dalam kesempatan ini walikota juga menjelaskan makna perubahan APBD yang setiap tahun selalu dilakukan. Menurut walikota pengertian perubahan APBD tidak selalu berubah atau adanya anggaran belanja tambahan (ABT).

Sebaliknya tidak menutup kemungkinan dengan adanya perubahan APBD ini yang terjadi adalah pengurangan dan pergeseran anggaran, mengingat keseluruhan belanja daerah harus dibiayai dari seluruh APBD. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*