TERKINI

Walikota Palangka Raya : SKPP Dapat Menjadi Sarana Pembelajaran Politik Bagi Masyarakat

Walikota Palangka Raya : SKPP Dapat Menjadi Sarana Pembelajaran Politik Bagi MasyarakatMEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) mengadakan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Zona 1 Kalimantan Tengah (Kalteng) meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Gunung Mas, dan Kabupaten Barito Selatan, di Hotel Swiss-Belhotel Danum. Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Senin (28/6/2021).

Hadir dalam pembukaan SKPP, anggota Banwaslu Republik Indonesia Rahmat Bagja, Ketua Banwaslu Kalteng Satriadi dan Ketua Banwaslu Kota Palangka Raya Endrawati dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Palangka Raya.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin menyampaikan, “Banwaslu memiliki mandat untuk mengawasi proses penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada membutuhkan dukungan, salah satunya melibatkan kelompok masyarakat”.
Keterlibatan masyarakat bukan sekedar datang ke TPS, tetapi juga keterlibatan dalam hal pengawasan atas kecurangan yang terjadi, serta melaporkan kepada pengawas sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses Pemilu dan Pilkada yang merupakan pintu masuk pertama yang akan ditindaklanjuti dugaan pelanggaran Pemilu dan Pilkada.

“Saya mengapresiasi terhadap Banwaslu Kota Palangka Raya karena dengan adanya kegiatan SKPP ini dapat menjadi sarana pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat Kota Palangka Raya, yang secara langsung dan tidak langsung terlibat dalam Pemilu dan Pilkada, serta dapat belajar penyelenggaraan pemilu dan pilkada”, ungkapnya.

Diakhir sambutannya Walikota menghimbau seluruh peserta SKPP melaksanakan kegiatan dengan baik sehingga pengetahuan dan keterampilan praktis tentang pengawasan bagi kader-kader pengawas dan pemantau pemilu maupun Pilkada di Kota Palangka Raya bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya. (MC. Isen Mulang/bamw/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*