TERKINI

Walikota Panen Padi Perdana di Lahan Gambut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia bersama Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio melakukan panen padi perdana di Kelurahan Kalampangan, Rabu (6/9/2019).

Ikut memanen padi di lahan gambut ini Komandan Kodim 1016 Palangka Raya, Kepala Dinas Pertanian Kota Palangka Raya, Ikhwansyah, Kepala BPTP Provinsi Kalimantan Tengah, Feri Fahrudin Munier.

Dilakukan panen perdana, karena baru pertama kali ini warga Kalampangan berhasil menanam padi di lahan gambut. Apalagi selama ini lahan gambut sangat sulit ditanami padi.

Namun berkat keuletan bapak Kamdi, Anggota Kelompok Tani Pasti Jadi, lahan gambut tersebut bisa ditanami padi jenis Inpara 3. Sebagai tahap ujicoba, bapak Kamdi menanam padi di lahan seluas 1/4 hektare.

Hasilnya cukup memuaskan. Padi yang ditanam tumbuh subur dan benih padi yang dihasilkan cukup berisi. Jenis padi ini sangat ekonomis, karena usia tiga bulan sudah bisa dipanen.

Kepala Dinas Pertanian Kota Palangka Raya, Ikhwansyah menuturkan awalnya bapak Kamdi hanya ingin mencoba-coba. Saat itu bapak Kamdi ingin memanfaatkan lahan kosong dengan ditanami padi.

Awalnya lahan ini secara rutin ditanami tanaman sayur, namun sebelum musim tanam sayur dimulai, bapak Kamdi mencoba memanfaatkan dengan menanam padi.

Ternyata ujicoba bapak Kamdi berhasil. Keberhasilan bapak Kamdi ini tidak lepas dari bimbingan dari para penyuluh, termasuk dukungan dari BPTP Kalteng.

Sebagai bentuk dukungan terhadap suksesnya ujicoba panen di lahan gambut ini, maka pihaknya memfasilitasi untuk dilakukan panen perdana oleh walikota dan para pejabat lainnya.

Dia berharap dengan adanya panen perdana ini bisa merangsang para pelaku kepentingan, termasuk petani lainnya untuk menggalakan penanaman yang lebih luas lagi.

Sementara itu walikota dalam sambutannya sempat mengaku tidak percaya jika di lahan gambut bisa ditanami padi. Namun setelah melihat di Kalampangan bisa ditanami padi, maka dia seolah berada di wilayah Kapuas-Kalsel yang wilayahnya sangat cocok ditanami padi. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*