INFO

Walikota : Produk Inovasi UMKM Diharapakan berstandar SNI

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba inovasi daerah kepada pelaku usaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palangka Raya. Penyerahan berlangsung di ruang rapat Peteng Karuhei II, Kantor Wali Kota Palangka Raya, Kamis (9/9/2021).

Tema yang diambil adalah “lnovasi Ekonomi Cerdas oleh Pelaku UMKM Kota Palangka Raya”. Kriteria penilaian dalam lomba ini antara lain orisinalitas, kreatifitas/inovasi, durasi penerapan, jangkauan dampak, pembiayaan, ketaatan administrasi, ketepatan waktu dan video.

Adapun pemenang lomba antara lain juara 1 Dian Purnamawati produk kerajinan Perca Batik Kalteng, juara 2 Yuliatma produk Keripik Ikan Saluang, dan juara 3 Yosnarismayani produk tas dan aksesoris.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Palangka Raya dengan kategori peserta difokuskan pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di kota setempat.

Kegiatan Ini dihadiri oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Kepala Dinas Perdaganan, Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kota Palangka Raya Rawang, Sekretaris Bappedalitbang Kota Palangka Raya Mimi Noryani, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Amandus Frenaldy, serta para peserta lomba.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dalam sambutannya mengharapkan agar produk yang dihasilkan dalam lomba ini nantinya menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga kedepannya terbuka peluang bekerjasama dengan instansi lainnya, selain itu berkenaan dengan bahan dasar, terutama diharapkan bahan dasar bukan plastik atau kurangi bahan plastiknya.

“Tindak lanjut dari pemenang inovasi terutama dengan mengurangi bahan plastik, para peserta nantinya dapat bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya untuk dapat berinovasi membuat produk pengganti kantong plastik yang biasa dipakai untuk berbelanja”, sambung Fairid.

Fairid berharap kegiatan itu dapat memberikan edukasi dan motivasi kepada pelaku UMKM dimasa pandemi saat ini. Sehingga meningkatkan sumber daya manusia melalui inovasi dan kreativitas. (MC Isen Mulang/bamw/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*