INFO

Warga Belum Masuk DPT Tetap Boleh Memilih, Asalkan Memiliki KTP

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya mengadakan bimbingan teknis pemungutan suara dan rekapitulasi tingkat PPK dan PPS, Rabu (30/5/2018) sore.

Bimtek yang diadakan di aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah ini diikuti seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) dari lima kecamatan.

Dalam Bimtek ini Anggota KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Khairiyah menjelaskan tugas PPK dan PPS mulai dari persiapan sebelum diadakan acara pemungutan suara.

Mereka juga diajari cara mengisi berita acara daftar hadir warga yang menggunakan hak pilihnya berdasarkan nomor urut dalam daftar pemilih tetap (DPT) per tempat pemungutan suara (TPS).

Petugas PKK dan PPS juga diajari cara mengisi kolom bagi penyandang disabilitas, termasuk tata cara mereka dalam memberikan hak pilihnya harus dipandu agar tidak salah.

Dalam Bimtek ini Ngismatul juga mengingatkan bagi petugas PPK dan PPS tidak boleh menolak warga yang mau memberikan hak pilihnya meski yang bersangkutan tidak mendapatkan surat undangan.

“Kita tidak boleh menolak. Meski tidak dapat undangan, tapi harus kita cek dulu, siapa tahu nama mereka masuk dalam DPT, tapi tidak dapat undangan, maka mereka juga boleh memilih,” tuturnya.

Terakhir, KPU juga mewanti-wanti kepada PPK dan PPS agar jangan sampai lupa jika ada warga yang belum masuk DPT tetap boleh memilih, asalkan memiliki KTP atau surat keterangan. Jam memilih dibatasi mulai pukul 12.00 WIB sampai selesai. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*