INFO

Warga Bukit Sua Diajari Membuat Crispy Ikan Saluang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 30 ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Bukit Sua, Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka Raya diajari cara membuat berbagai produk olahan berbahan ikan.

Pelatihan selama tiga hari yang difasilitasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya ini khusus membuat crispy ikan saluang, kerupuk berbahan ikan, dan abon ikan.

Dipilihnya pelatihan ini di wilayah Rakumpit karena disana terkenal dengan melimpahnya hasil tangkapan ikan sungai. Jadi diharapkan hasil tangkapan ikan tidak hanya dikonsumsi untuk lauk saja.

Tapi diharapkan hasil tangkapan ikan bisa diolah menjadi produk kemasan, sehingga diharapkan memiliki nilai tambah buat penghasilan rumah tangga.

Acara pelatihan yang dihadiri langsung oleh Kepala Disperindag Kota Palangka Raya, Drs Aratuni Djaban inipun sangat diminati oleh para kaum ibu.

“Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini karena kita rangsang dengan pemberian alat memasak sekaligus kita berikan kompor dan tabung gas elpiji 3 kilo gram,” tuturnya.

Aratuni berharap melalui pelatihan ini para ibu-ibu bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri. Sebab untuk membuka usaha seperti ini tidak perlu modal besar, asalkan ada kemauan pasti bisa dijalankan.

Pelatihan seperti ini rutin dilaksanakan oleh Disperindag. Targetnya untuk memotivasi masyarakat agar mau berwirausaha sesuai kemampuan yang dimiliki. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*