TERKINI

Warga Kelurahan Menteng Gotong Royong Buat Jembatan Darurat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Salah satu jembatan kayu yang menghubungkan Jalan G.Obos X dan G.Obos XI Kota Palangka Raya kini sudah diperbaiki secara sederhana oleh masyarakat warga Rt.05 dan warga Rt.07 Rw.XIII yang masuk dalam Kelurahan Menteng, Kota Palangka Raya, Sabtu (7/3/2020).

Menurut ketua Rt.05 Ismail Marjuki yang juga seorang ASN di Sekda Kota Palangka Raya, “Jembatan tersebut adalah akses terdekat antara Jalan G.Obos X dan Jalan G.Obos XI. Jembatan tersebut sebelumnya hampir runtuh karena kayu sudah lapuk. Dan sangat berbahaya jika dilalui, terlebih jika dilalui anak-anak”.

Sedikitnya 50 orang tim gabungan dari masyarakat melakukan kerja bakti pembuatan jembatan darurat dari kayu ini. Dana yang digunakan swadana dari 2 Rt yang terpakai hampir Rp2,5 juta. Perbaikannya hanya darurat dan menggunakan kayu benuas dan belawan.

Sedangkan menurut ketua Rt.05 Tenung yang juga hadir saat itu “Sebelum jembatan jadi, anak sekolah dan warga di sini harus rela memutar sejauh 500 meter lebih, jembatan terdekat yang permanen, itu pun hanya bisa dilalui kendaraan maksimal sepeda motor. Jika mobil harus menempuh 2 kilometer lagi untuk jembatan yang lebih besar dan permanen”.

Jika selesai jembatan sementara dan darurat yang terbuat dari kayu sepanjang 8 meter, lebar 1 meter dan tinggi 4 meter dari permukaan air, hanya dapat dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

“Hanya saja untuk sepeda motor diperbolehkan lewat asal tidak membawa muatan yang berlebihan” ucap Tenung.

Ismail mewakili masyarakat disekitar jembatan darurat ini sangat berharap pemerintah kota membangun jembatan permanen pengganti dengan konstruksi yang lebih baik lagi, lantaran infrastruktur umum yang satu ini sangat vital perannya bagi penduduk setempat.

“Semoga pemerintah kota dapat merespon pembuatan jembatan yang lebih permanen dan kami mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pekerjaan jembatan darurat ini”, ungkapnya. (MC. Isen Mulang/Bam/tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*