INFO
Warga Pahandut Seberang Diminta Bersihkan Kolong Rumah

Warga Pahandut Seberang Diminta Bersihkan Kolong Rumah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Lurah Pahandut Seberang  Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, Balap meminta warga-masyarakatnya untuk memmbersihkan sampah-sampah yang ada di kolong bawah rumah. 

“Perlunya membersihkan sampah di bawah kolong rumah, karena sebagian besar rumah warga dibangun menggunakan tiang tiang tinggi. Terutama rumah yang dibangun didekat daerah aliran sungai (DAS) Kahayan,” ungkapnya, Selasa (11/12/2018).

Kata Balap, rumah warga bertiang tinggi tersebut selama ini rentan menjadi tempat tumpukan sampah yang hanyut terbawa aliran air sungai. Itu terlihat manakala air sungai surut, maka sampah terlihat mewarnai kolong-kolong bawah rumah warga.

“Dalam beberapa pekan ini air sungai relatif surut, maka sebagian besar rumah warga bertiang tinggi akan ada tumpukan sampah. Karena itu kita minta warga membersihkannya. Ini penting agar sampah tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk,” tandasnya lagi.

Lanjut Balap, langkah pembersihan sampah di bawah kolong rumah warga tersebut tentu penting untuk dilakukan. Selain sebagai wujud dari pola hidup sehat, sekaligus bagian dari upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Mengingat saat ini sebagian besar wilayah kelurahan ada yang sudah endemik demam berdarah dengue (DBD).

“Pihak kelurahan sudah mengimbau melalui surat kepada warga, terutama bagi mereka yang memiliki rumah bertiang tinggi untuk melaksanakan hal tersebut,” ucapnya.

Kedepan tambah Balap, pihaknya berkeinginan agar perumahan warga yang berada dekat bantaran sungai dapat terlihat lebih indah dan enak dipandang mata. Salah satu caranya memoles rumah-rumah warga dengan cat warna warni.

“Ini juga sejalan dengan tujuan dari Pemerintah Kota Palangka Raya terkait kepariwisataan. Salah satunya menjadikan sungai sebagai objek wisata. Maka itu rumah warga dibantaran DAS perlu dipercantik agar tidak terkesan kumuh,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*