INFO
Warga Palangka Raya Salat Idul Fitri di Istana Isen Mulang

Warga Palangka Raya Salat Idul Fitri di Istana Isen Mulang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ribuan umat Islam berkumpul di halaman Istana Isen Mulang, rumah jabatan Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya untuk mengikuti salat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah.

Salat Idul Fitri ini dimulai pukul 06.30 WIB. Dalam salat Idul Fitri yang juga diikuti Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dan para pejabat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat ini dipimpin oleh imam Saiful Lutfi.

Seusai salat dua rekaat, acara selanjutnya diisi dengan kutbah yang dibawakan oleh Abdul Halim yang juga dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

Dalam kutbahnya Abdul Halim mengajak umat Islam untuk selalu bersyukur karena diberikan kesehatan dan umur yang panjang, sehingga masih diberikan kesempatan bertemu dengan hari yang besar untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

“Kita juga diberikan kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara, sehingga momen ini bisa kita manfaatkan sebagai wadah untuk saling maaf-memaafkan dan mempererat hubungan tali silaturahmi di antara kita,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini Abdul Halim mengajak umat Islam untuk memupuk rasa persaudaraan kepada sesama umat manusia. “Kita adalah saudara, kalau pun kita bukan saudara kandung atau adanya kekerabatan, tapi kita tetap bersaudara karena kita adalah seagama, kalau pun kita bukan saudara karena senegara, bahkan walaupun kita bukan saudara senegara, tapi kita bersaudara karena kita sama-sama manusia,” ucapnya.

Pantauan mediacenter.palangkaraya.go.id, selain di masjid-masjid, halaman Polda Kalimantan Tengah juga dijadikan tempat untuk salat Idul Fitri. Sementara itu khusus untuk organisasi Muhammadiyah mengadakan salat Idul Fitri di halaman Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah di Jalan Diponegoro, Kota Palangka Raya.

Tahun ini dua ormas besar Islam yakni Nahdlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah sama-sama merayakan Idul Fitri di hari dan tanggal yang sama 15 Juni 2018 sesuai kalender yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*