INFO
Warga Pinus Keluhkan Banjir

Warga Pinus Keluhkan Banjir

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Setiap turun hujan yang menjadi permasalahan bagi warga Kota Palangka Raya adalah banjir, tidak terkecuali bagi warga jalan Pinus dan sekitarnya.

Tim gabungan penanggulangan banjir bergerak menuju jalan pinus, minggu (10/3/2019) karena mendapat laporan apabila turun hujan lebat daerah Pinus sekitarnya banjir, hingga air masuk kerumah warga.

Ketua RT 03 RW 09, Supratikno mengatakan bahwa sudah berulangkali di sampaikan kepada warga agar membersihkan parit, selokan dan  drainase, di lingkungan rumah masing-masing, tidak terkecuali kepada pemilik ruko untuk tidak menutupi saluran drainase.

Menurutnya setiap diadakan pertemuan, yang dikeluhkan masyarakat adalah genangan air, dan akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi di Palangka Raya dan meresahkan masyarakat sebab air masuk ke rumah.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Panarung, Elisabeth, mengungkapkan keluhan dari masyarakat tentang banjir yang cukup merisaukan warga dan keluhan itu disampaikan pada setiap pertemuan dan pihak kelurahan bekerja sama dengan ketua RT RW juga sudah membuat surat edaran untuk melaksanakan kerja bakti, namun kurang direspon positif oleh beberapa warga, terutama pemilik ruko,” ungkap Elisabeth.

Penyebabnya selain memang drainase tersumbat karena tertutup bangunan juga penuhnya sampah, rumput liar dan pasir juga dangkalnya drainase sehingga air tidak dapat mengalir.

Di tempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Albert Tombak menyampaikan walaupun daerah Pinus menjadi lokasi perbaikan jalan ditahun 2019 ini, warga masyarakat juga harus bersama-sama untuk ikut  membersihkan parit di halaman rumah masing-masing, dan mengimbau kepada ketua RT serta lurah Panarung dan camat Pahandut  untuk dibuatkan Intruksi agar melaksanakan kerja bakti gotong royong membersihkan parit, selokan bahkan drainase di jalan Pinus dan sekitarnya,” tutupnya.  (MC Isen Mulang/in)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*