INFO
Warga Tak Perlu Takut di Rapid Test

Warga Tak Perlu Takut di Rapid Test

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana diketahui Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin telah mengeluarkan Instruksi nomor 368/234/BPBD/ Covid-19/VI/2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 di area zona merah kota setempat.

Salah satu point dari instruksi tersebut adalah memuat tentang pelaksanaan rapid test dan swab test massal, dengan sasaran di tempat pelaku usaha yang berada di zona merah.

Staf Ahli Wali Kota Palangka Raya,.yang juga merupakan juru bicara Gugus Tugas Covid-19 kota setempat, Murni D Djinu tidak menepis, ketika upaya menggencarkan rapid test tersebut, ternyata justru masih ada warga yang takut atau menolak untuk melakukan rapid test.

Padahal menurut dia, dengan rapid test dapat memberikan manfaat serta keuntungan bagi warga itu sendiri. Sementara pemerintah hanya memfasilitasi, menjamin dan membantu, sehingga warga dapat menjalankan aktivitasnya dengan rasa aman dan nyaman.

Ia mencontohkan pedagang bakso, ketika hasil rapis testnya reaktif, maka perlu di tes swab, dan ketika hasil tes swab-nya negatif, maka sudah barang tentu dapat memberikan rasa nyaman dan aman.

“Terlebih sudah mengantongi surat keterangan non reaktif Covid-19 dari hasil rapid test maka tentu saja dapat memperlancar usaha pedagang itu sendiri, karena pedagang dan usahanya dinilai aman,”tuturnya, Kamis (2/7/2020).

Disadari lanjut Murni, berbagai isu liar berkembang di masyarakat, termasuk dilingkungan aktivitas usaha para pedagang. Kondisi tersebut jelas dia, tentu akan merugikan para pedagang itu sendiri.

“Maka itu warga tidak perlu takut mengikuti rapid test, manfaatnya untuk kebaikan diri sendiri. Warga bisa bertanya langsung ke tenda pelayanan rapid test bila belum mengerti,”tukasnya.

Wali kota Palangka Raya kata Murni, telah mengeluarkan instruksi yang bertujuan memberikan pengetatan dalam hal kedisiplinan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan, meski kebijakan kelonggaran dalam berbagai aktivitas telah diberlakukan. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*