INFO
Wariskan Budaya Daerah Secara Turun Temurun

Wariskan Budaya Daerah Secara Turun Temurun

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah  mendorong banyak pihak  untuk terus melestarikan budaya yang ada.Terutama budaya yang dimiliki masyarakat Dayak Kalimantan Tengah.

“Seperti  kegiatan ritual Tiwah Massal yang saat ini digelar di Palangka Raya. Itu bagian salah satu tradisi dan budaya yang patut dilestarikan dan dikembangkan sehingga  dapat dijadikan aset budaya di daerah Bumi Tambun Bungai,” cetusnya,  Minggu (09/12/2018).

Di jaman sekarang ini lanjut Mukarramah, tradisi budaya masyarakat Dayak, kerap terlupakan. Bahkan tidak sedikit generasi sekarang yang tidak mengetahui secara persis akan budaya leluhurnya.

“Ada kecenderungan generasi sekarang ini banyak yang baru mengetahui budaya daerahnya. Sebut saja ritual Tiwah. Nah, karena itulah salah satu budaya dan tradisi ini harus dilestarikan,”ucapnya.

Kata Mukarramah alangkah bagusnya lagi bila beragam kebudayaan masyarakat Dayak Kalteng ini bisa diwariskan secara regenerasi. Terutama dilakukan para pelaku budaya Kalteng.

Perlunya regenerasi  untuk mempertahankan nilai-nilai budaya tersebut, tentu sebagai upaya menjaga nilai budaya agar tidak lengkang atau tergerus ditelan kemajuan jaman.

“Budaya dan seni bahkan kearifan lokal kita tidak kalah dengan daerah lain. Akan sangat disayangkan kekayaan budaya yang memiliki nilai historis tinggi, tidak ada yang melanjutkan dalam menjaga serta melestarikan keberlangsungannya,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*