INFO

Waspada DBD, Kebersihan Lingkungan Harus Terjaga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pada Minggu pagi (18/11/2018), Lurah Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Muhammad Heri Pauzi, tampak memimpin langsung kegiatan gotong royong di lingkungan warganya Jalan Kecubung Palangka Raya.

Disela kegiatan itu Heri mengatakan, adanya gotong royong warga itu tidak lain untuk melaksanakan imbauan dari Walikota Palangka Raya, dimana masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan guna mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD), yang kini terus mewabah. 

“Bersama warga Jalan Kecubung ini kami gotong royong membersihkan selokan agar aliran air bisa berjalan lancar dan tidak menimbulkan genangan,” ujarnya.

Setidaknya lanjut dia, dengan kegiatan gotong royong tersebut, warga bisa mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk pembawa penyakit DBD.

“Kegiatan ini akan berlanjut. Jadi ayo jaga lingkungan kita agar tetap bersih dan tidak terkena DBD,” ajak Heri

Jaun sebelumnya, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta para camat, lurah, ketua RT dan RW untuk dapat bergotong-royong membersihkan lingkungan masing-masing.

Hal itu dilakukan kata walikota, bukanlah tanpa sebab, mengingat adanya peningkatan wabah penularan penyakit DBD di Palangka Raya saat ini.

“Saat ini “Kota Cantik kita memasuki musim hujan. Penyakit menular pun mulai menyerang masyarakat. Maka dengan ini kepada camat, lurah, Ketua RT dan RW untuk berperan aktif mengantisipasi DBD,” ucapnya.

Fairid menyampaikan hal utama yang bisa dilakukan, yakni tetap menjaga kebersihan lingkungan. Baik lingkungan rumah, lingkungan drainase dan beberapa tempat yang menjadi tempat genangan air. 

“Saya yakin seluruh pihak berkomitmen untuk melakukan hal ini, sehingga peningkatan jumlah penderita DBD bisa ditekan. Ingat, terapkan 3 M, menguras, menimbun dan mengubur,” tegas Fairid. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*