INFO
Waspada, Deteksi Dini Wabah Virus Corona

Waspada, Deteksi Dini Wabah Virus Corona

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Virus Corona sepekan terakhir telah menjadi isu global dan seluruh dunia tengah membentengi negaranya dari ancaman virus yang mematikan tersebut, di mana pertama kali mewabah di Tiongkok, Cina.

Menyikapi kondisi ini, Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Wahid Yusuf meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, untuk tetap seoptimal mungkin mendeteksi sejak dini wabah atau virus Corona tersebut.

“Sebelum penyakit tersebut menyebar ke masyarakat luas, maka ada baiknya perlu melakukan pendeteksian pencegahan, respons, serta antisipasi secara dini terhadap virus tersebut,”ungkapnya, Minggu (26/1/2020).

Menurut Wahid, bila melihat munculnya virus tersebut, terutama dilihat dari kasus , mewabahnya corona tersebut didahului dengan gejala “Pneumonia” berat dengan “Etiologi yang tidak jelas terhadap pasien, sehingga virus ini sangat mematikan bagi siapa saja yang terkena wabahnya.

Sebab itulah diperlukan upaya dini pencegahan. Semisalkan saja ada masyarakat yang terjangkit virus corona, maka kesiapan seperti ruang isolasi maupun penanganan melalui prosedur atau sistem surveilans kesehatan yang berlaku telah disiapkan.

“Ini penting sebagai upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan lebih lanjut agar tidak sampai meluas,”terangnya.

Di sisi lain, politikus Partai Golkar ini meminta masyarakat untuk perlu mengetahui, gejala wabah tersebut. Seperti muncul tanda-tanda diantaranya, demam, lemas, batuk kering dan kesulitan bernafas (sesak) .

“Wabah corona ini sudah menjadi isu global, maka itu semua elemen masyarakat tetap harus waspada, meskipun hingga saat ini belum ada informasi wabah tersebut sudah masuk ke Indonesia,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*