INFO
Waspadai DBD, Jalankan Program Jumatik

Waspadai DBD, Jalankan Program Jumatik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye mengingatkan kembali masyarakat kota setempat untuk waspada terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Iya DBD ini kerap merebak dan berkembang biak pada saat musim penghujan, seperti saat ini,”ungkapnya.Jumat (15/1/2021).

Menurutnya, masyarakat harus bisa melakukan pencegahan. Jika hanya berharap kepada pemerintah maka tidak cukup. Intinya, perlu adanya kesadaran langsung dari masyarakat.

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat bisa dengan menjalankan 3M yaitu menguras bak mandi, menutup wadah atau penampungan air, kemudian mengubur barang-barang bekas yang terdapat dilingkungan tempat tinggal.

“Efek DBD sangat kompleks menyangkut kesemua aspek, sehingga memerlukan penanganan multi sektor,”tukas Anna.

Lebih lanjut legislator Partai Gerindra Kota Palangka Raya ini mengatakan, perlu adanya peningkatan pencegahan demi mengurangi kasus DBD di Kota Palangka Raya.

“Semuanya harus mendukung kembali progran Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan yakni program juru pemantau jentik (Jumantik) atau gerakan satu rumah satu jumantik,”beber Anna.

“Program jumantik ini merupakan upaya untuk mencegah terjangkitnya penyakit DBD. Masyarakat harus mendukung program ini,”demikian tambahnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*