INFO
Wawali Tanam Pohon Pada Kegiatan APEKSI di Tarakan

Wawali Tanam Pohon Pada Kegiatan APEKSI di Tarakan

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Bersama puluhan anggota Asosiasi Pemerintah Kota (Pemko) se-Indonesia (APEKSI), Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio melakukan penanaman anakan pohon khas daerah. Kegiatan itu dilakukan di Bumi Perkemahan Binai Atoeng, Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (26/7/2018).

Penanaman pohon tersebut, merupakan rangkaian kegiatan Muskomwil I Apeksi tahun 2018 yang dihadiri 24 walikota se Indonesia 

Pada kegiatan menanam anakan pohon dilakukan semua walikota dengan menananm bibit pohon khas daerahnya masing-masing. Seperti pohon Andalas yang merupakan pohon khas Sumatera Barat, pohon jati (Ebono Selbik) yang merupakan pohon khas dan langka di dunia ditanam walikota Palu Sulawesi Tengah, pohon mangga kasturi khas Banjar Baru Kalimantan Selatan dan pohon cempaka telok khas Palembang Sumatera Selatan. Sedangkan Wakil Walikota Palangka Raya menanam pohon kayu ulin.

Mofit mengatakan penanaman pohon khas daerah merupakan agenda tetap setiap pelaksanaan Rakernas APEKSI.

“Kita dari kota Palangka Raya mengapresiasi kegiatan ini, dimana telah mengagendakan menjadi tradisi tahunan bagi  pemerintah kota, dengan tuan rumah pelaksanaan kegiatan dilakukan secara bergiliran,” katanya.

Kegiatan menanam bibit pohon ini tambah Mofit, juga bagian dari upaya program dunia untuk melestarikan lingkungan serta memperkenalkan kota di Indonesia melalui pohon khas yang ditanam. Termasuk salah satunya bibit anakan pohon ulin dari kota Palangka Raya.

Menurut Mofit, pada tahun 2013 sebelumnya, yakni saat kegiatan forum walikota anggota UCLG di Liverpool, telah ditetapkan 30 persen wilayah kota harus menjadi ruang publik. Hal itu adalah sebagai upaya melestarikan lingkungan.

“Tujuannya demi anak cucu. Pemerintah Kota Palangka Raya mendukung hal ini. Bahkan kita juga berkomitmen dalam hal penghijauan di kota Palangka Raya,” tegasnya (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*