INFO
Wilayah TNS Pulang Pisau dan Katingan Relatif Aman Karhutla

Wilayah TNS Pulang Pisau dan Katingan Relatif Aman Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini Taman Nasional Sebangau (TNS) yang berada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Katingan relatif aman dari ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama musim kemarau.

Sementara itu wilayah TNS yang berada di wilayah Kota Palangka Raya sedikit rawan Karhutla, karena kebakaran api yang berada di luar kawasan merembet ke TNS. Contohnya yang berada di wilayah Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu.

Di wilayah Marang, kawasan TNS terbakar, namun saat ini sudah bisa dikendalikan oleh tim TNS, dan Manggala Agni dibantu oleh guyuran air melalui udara dengan helikopter water boombing.

Sementara itu amannya ancaman Karhutla di wilayah Pulang Pisau dan Katingan menurut Kepala Balai Taman Nasional Sebangau, Andi M Kadhafi tidak lepas dari peran TNS yang intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Hasilnya, masyarakat di sekitar kawasan TNS wilayah Pulang Pisau dan Katingan tidak membakar lahan. “Warga sekitar justru ikut menjaga kawasan TNS dari kebakaran,” sebutnya, Rabu (25/9/2019).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar kawasan TNS, baik itu di Palangka Raya, Pulang Pisau, dan Katingan terus menjaga bahaya api, karena kalau terjadi kebakaran, maka semuanya akan susah dalam menanggulangginya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*