INFO
Workshop Penulisan Puisi Kepada Pelajar SMPN 2 Palangka Raya

Workshop Penulisan Puisi Kepada Pelajar SMPN 2 Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komunitas pegiat literasi mengadakan workshop menulis puisi dan musikalisasi puisi kepada pelajar SMPN 2 Palangka Raya, Senin (25/2/2019).

Pelatihan menulis puisi ini berlangsung dengan memanfaatkan ruang multimedia. Lebih dari 30 anak didik kelas VII dan VIII mengikuti kegiatan yang terasa baru dan menantang.

Dengan dipandu Nurhadi, pegiat Payung Literasi yang juga praktisi sastra dari Balai Bahasa Kalimantan Tengah, mereka belajar mengolah imajinasi, menuangkan gagasan, pikiran, dengan menorehkan kata-kata pada lembaran kertas.

Larik-larik puisi diciptakan yang dipadu dengan pengalaman dan daya nalarnya. Karya sederhana itu mereka susun secara individu dan kelompok.

Mereka juga dibimbing untuk mencoba meramu puisi menjadi musikalisasi puisi. Tentu saja belajar berpuisi tidak serta merta dan instan begitu saja.

Namun mengawali untuk melanjutkan kreativitas adalah proses yang harus ditekuni jika ingin meraih peningkatan dalam pencapaian. Tatkala jari para siswa menuliskan kata sesungguhnya, dia bisa jadi mulai menuliskan puisi sesederhana apapun.

Begitulah menulis puisi, seperti halnya menulis karya sastra atau karya yang lain, kemampuan berimajinasi dan mengungkapnya mesti diasah agar tajam.

Motivasi berliterasi dan bimbingan para guru kreatif di sekolah tentu sangat memberikan kontribusi signifikan dibarengi disiplin berkarya akan menumbuhkan semangat berliterasi.

Berkaitan dengan itu, Gatot, pegiat literasi yang juga anggota polisi yang bertugas di Polda Kalteng turut hadir memberikan motivasi kepada para anak didik agar senantiasa menumbuhkan sikap disiplin.

Mewakili Payung Literasi, Lukman Juhara mengatakan komunitas ini merupakan komunitas pecinta literasi yang dibangun dengan semangat kebersamaan tanpa mencari keuntungan finansial.

Anggota komunitas yang dipimpin Ussy Marie ini adalah para relawan dari berbagai profesi yang peduli dan mau bergiat mendukung kegiatan literasi. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*