INFO
Workshop Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Palangka Raya Tahun 2019

Workshop Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Palangka Raya Tahun 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Workshop Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Palangka Raya Tahun 2019 di Aula Hotel Royal Global Jalan Tjilik Riwut Km. 2,5 Kota Palangka Raya, Kamis (17/10/2019).

Workshop ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Kepala BPN/ATR Kota Palangka Raya, Camat  se Kota Palangka Raya, serta beberapa Kepala SOPD Kota Palangka Raya.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan melalui workshop ini kita dapat memahami kebijakan daerah dalam penanganan permukiman kumuh, adanya strategi pelaksanaan skala kawasan serta mekanisme koordinasi dan konsolidasi penanganan kumuh hingga adanya kesepakatan bersama untuk mendukung pelaksanaan program Kotaku guna pencapaian target 0 hektar wilayah kumuh di Kota Palangka Raya Tahun 2019.

Sementara itu salah satu target pembangunan nasional yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005 – 2025 adalah terwujudnya kota yang layak huni, hal ini kemudian dituangkan dalam amanah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional tahun 2015 – 2019 melalui perwujudan kota tanpa permukiman kumuh yang kemudian menjadi salah satu sasaran dalam Renstra DJCK 2015 – 2019 yang harus kita implementasikan melalui berbagai program peningkatan kualitas dan pelayanan infrastruktur permukiman di perkotaan.

Untuk menjawab hal tersebut, direktorat pengembangan kawasan permukiman telah melakukan penanganan kawasan kumuh perkotaan sejak 2015 untuk mendukung gerakan 100-0-100 yaitu dengan menyediakan 100% akses sanitasi yang salah satunya melalui program kota tanpa kumuh (kotaku).

Fairid berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk percepatan penanganan permukiman kumuh dengan didasari dukungan, komitmen, peran aktif dan kolaborasi dari seluruh pihak yang terkait pada kegiatan ini.

Fairid mengimbau agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan workshop ini secara intens sebagai bukti dukungan dan komitmen kita untuk pencapaian target 100-0-100, tutup Fairid. (MC. Isen Mulang/Fauji/Nitra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*