INFO
WTP Harus Diimbangi Pengelolaan Keuangan yang Baik

WTP Harus Diimbangi Pengelolaan Keuangan yang Baik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Beberapa waktu lalu Badan Anggaran (Banggar) DPRD Palangka Raya kembali melanjutkan pembahasan secara mendalam terkait dengan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kota Palangka Raya pada tahun 2019.

Rapat raperda tersebut dipimpin oleh Ketua Banggar sekaligus Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto, dihadiri Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) setempat, anggota Banggar dan pimpinan OPD terkait melalui Video Conference.

“Banggar sudah melaksanakan rapat penyampaian penyusunan raperda pertanggungjawaban APBD tahun lalu. Setelah sebelumnya sudah melalui berbagai tahapan pembahasan,” ungkap Sigit, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya, komisi-komisi pendukung di DPRD Palangka Raya akan kembali melakukan pembahasan lebih lanjut bersama dengan mitra kerjanya untuk mengupas permasalahan apa saja yang dihadapi OPD dalam pelaksanaan anggaran tersebut

Sigit juga menyampaikan sejumlah hal yang terkait dengan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Kalteng terhadap pengelolaan anggaran tahun 2019. Dikatakan, meskipun pemko kembali meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keempat kalinya secara beruntun, namun bukan berarti sempurna secara menyeluruh.

Dalam artian pemeriksaan BPK RI tetap sebagai acuan dasar, namun pihaknya berharap predikat WTP bisa dihadirkan secara luar dan dalam.

“Manajemen pengelolaan keuangan daerah sudah bagus dilihat dari penilaian BPK RI, tentu kita sangat apresiasi,” tuturnya.

Hanya saja tukas Sigit, diharapkan bagian dalam capaian WTP itu juga harus bagus, mengingat temuan cukup banyak untuk segera dipenuhi pengembalian.

“Artinya dinas-dinas tersebut lemah. Ini yang kami minta agar komisi-komisi lakukan pengkajian kembali bersama dengan mitra kerjanya, agar kedepannya hal-hal yang masih dinilai lemah bisa diperbaiki, baik luar dan dalam,” tandas Sigit. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*