INFO
Wujudkan Kota Cerdas Melalui Konsep Smart City

Wujudkan Kota Cerdas Melalui Konsep Smart City

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Konsep pengembangan Smart City adalah salah satu konsep yang ingin dikembangkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, yakni dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam menyelesaikan permasalahan yang menghambat pembangunan

“Sebagai kota berkembang, maka Kota Palangka Raya ingin menuju menjadi sebuah kota yang cerdas, mampu  mengatur sumber daya secara efektif dan efisien dalam mencapai pembangunan,” ungkap Murni D Djinu Staf Ahli Walikota Palangka Raya, saat membuka kegiatan kajian konsep Smart City, Kamis (21/11/2019), di Ruang Peteng Karuhei (PK) I Kantor Walikota Palangka Raya.

Membacakan sambutan walikota Palangka Raya pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Palangka Raya itu, Murni menyampaikan upaya mewujudkan kota  yang lebih nyaman, maka diperlukan unsur smart city yang berisikan konsep kota cerdas.

Kehadiran Balitbang dalam mengkaji konsep smart city di Kota Cantik kata dia, tentu diharapkan bisa merangkul banyak pemangku kepentingan dalam pembangunan, yang mampu memberikan solusi penyelesaian masalah yang di hadapi Kota Palangka Raya selama ini.

“Terutama mampu mendukung visi misi program pembangunan kepala daerah, melalui konsep pembangunan yang selalu berbasis kearifan lokal, dengan tujuan akhir mewujudkan perekonomian daerah (smart ekonomic),” jelasnya.

Secara umum lanjut Murni, pembangunan dengan konsep  smart city diharapkan mampu menyediakan ruang inovasi yang luas untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh pemerintah, masyarakat, pelaku bisnis, dunia pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) lain.

“Untuk mewujudkan itu semua, maka diperlukan kajian serta kebijakan yang tepat, sehingga  pada akhirnya menjadi dasar dalam mengembangkan smart city Kota Palangka Raya,” paparnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*