INFO
Wujudkan Pariwisata Kota Cantik dan Mandiri

Wujudkan Pariwisata Kota Cantik dan Mandiri

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pembangunan potensi pariwisata di Kota Palangka Raya diharap lebih bergairah dalam menyerap potensi penerimaan bagi daerah.

Menurut Sekretaris Komisi C DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah, saat ini pemerintah secara terpusat sudah mempertimbangkan matang-matang pengembangan sejumlah destinasi pariwisata daerah untuk dipromosikan.

Seiring itu pemerintah daerah diwajibkan mandiri dalam membangun potensi ini, dengan membenahi segala macam faktor kendalanya.

“Termasuk di Palangka Raya,  dimana pemerintah kota setempat, harus optimal melakukan pembangunan pariwisata, sehingga mampu menuju kemandirian,” ucapnya, Jum’at (2/8/2019).

Rusdiansyah mencontohkan,  destinasi wisata Kereng Bangkirai, dimana obyek wisata tersebut potensial untuk dipromosikan. Hanya saja bagaimana upaya Pemko Palangka Raya secara optimal dalam membenahi segala kekurangannya.

“Semisalkan, membenahi aspek wahana. Pemanfaatan retribusi parkir, kuliner dan lainnya. Termasuk bagaimana penyediaan pemandu pariwisata,” cetusnya.

Sugianor beranggapan, jika masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dibereskan Pemko Palangka Raya dalam menonjolkan destinasi pariwisata yang hendak dikembangkan.Terkhusus destinasi wisata yang menjadi unggulan.Seperti di Sei Gohong, Sabangau, Kereng Bangkirai dan daerah Flamboyan Bawah.

“Objek wisata tersebut banyak dikunjungi wisatawan di akhir pekan.Hanya saja aspek pelayanan menjadi titik lemahnya.Inilah yang harus dibenahi,” jelasnya.

Ia mencontohkan,  selama ini banyak wisatawan asing merasa kebingungan ketika berkunjung, tidak bisa mendapatkan informasi karena belum ada pemandu pariwisata yang mahir berbahasa Inggris. Kondisi ini menyebabkan wisatawan tidak menikmati pelayanan secara total terhadap pariwisata yang dikelola.

“Kondisi ini lagi-lagi tergantung bagaimana pemerintah daerah mampu melakukan pembenahan  pariwisatanya menuju kemandirian,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*